Jumat, 06 Mei 2011

SOYJOY Food Diary


Dear ladies,
Seringkali diet merupakan hal yang susah untuk kita lakukan, ada aja godaan untuk makan "makanan jahat" dalam hari-hari yang kita lewati.

Kemaren pas monthly meeting dengan tim SOYJOY, rekan saya @IvanTigana punya ide untuk bikin SOYJOY Food Diary. fungsinya seperti diary, jadi kamu bisa menulis makanan apa aja yang sudah kamu makan seharian ini. nantinya diary ini berguna untuk mengontrol porsi makan kamu.

Ternyata, di sebuah situs berita ada artikel tentang aplikasi serupa yang dapat diunduh di Blackberry App World. ada seorang wanita yang tertarik menggunakan aplikasi ini. beratnya 114 kg, semua yang dia makan dia catat dalam diary itu. pada akhirnya si wanita ini ketergantungan dengan aplikasi tersebut. ditunjang dengan olahraga yang cukup, akhirnya dalam beberapa bulan, berat wanita ini turun menjadi 66 kg.

Dengan adanya kenyataan tersebut, tim SOYJOY semakin tertarik untuk membuat aplikasi serupa. nah, kalau kamu tertarik, tinggal tweet aja ke saya di @megaagnesty, nanti saya akan kirim aplikasi ini ke email kamu.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar food diary ini bermanfaat untuk diet kamu:

Rajin mengisi food diary setiap hari

Rajin cek berat badan

Rajin olahraga

Mengkonsumsi makanan sehat

Niat dan komitmen yang tinggi untuk diet

Nah, adapun tips diet dari saya adalah:
Tetap sarapan di pagi hari dengan makanan sehat, kurangi porsi karbohidrat, perbanyak porsi protein. Jika perlu, makan 3,5 bar SOYJOY sebagai pengganti sarapan kamu, hal ini akan sangat berpengaruh pada porsi makan siang.

Jam ngemil adalah sekitar jeda sarapan-makan siang, hindari cemilan seperti gorengan atau cupcakes, makanlah buah. Alternatif lain, makanlah SOYJOY, jadi kamu bisa ngemil tanpa rasa bersalah.

Makan siang idealnya jam 12.00, seperti pada pagi hari, ketika kamu makan siang kurangi porsi karbohidrat. Makanlah sayur agar kamu tetap segar di siang hari, konsumsi karbohidrat akan membuat kamu mengantuk sehingga kamu lebih memilih tidur daripada beraktivitas.

Jam ngemil kedua adalah jam 3 sampai jam 5, pergunakan waktu ini untuk olahraga, kamu bisa memilih joging, erobik, berenang, maupun ke gym. Jangan tergoda dengan siomay, cilok, mie ayam, atau bakso malang yang lewat di depan rumah. Fokus pada diet kamu. Selesai olahraga, kamu akan merasa lapar, makanlah buah atau SOYJOY sebagai cemilah sore kamu.

Makan malam paling lambat jam 7 agar lambung kamu bisa memproses makanan lebih sempurna sebelum kamu tidur. Kurangi porsi karbohidrat, ada baiknya kamu minum susu lowfat pada malam hari ini sebagai “bekal” di tengah malam.

Hindari mie instan, karena mie instan adalah “makanan jahat” untuk tubuh kita. Apalagi mengkonsumsi mie instan tengah malam, it’s a no big NO!

Perbanyak konsumsi buah dan sayur, makanan jenis ini sangat baik untuk tubuh kita.

Kurangi gorengan, makanan bersantan dan daging merah. Sesekali makanlah makanan yang direbus, dikukus, atau daging mentah seperti yang ada pada sushi atau sashimi. Gantilah daging merah kamu dengan daging salmon atau tuna, itu lebih menyehatkan loh!

Ada baiknya kamu mengkonsumsi yogurt, gak harus tiap hari. Karena bakteri baik dalam yogurt bisa memerangi bakteri jahat dalam organ pencernaan kamu.

Perbanyak minum air putih! Gantilah teh yang sering kamu minum sehabis makan dengan air putih. Air putih lebih menyehatkan dan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh kita.

Yuk rame-rame hidup sehat! Semoga SOYJOY Food Diary ini bisa membantu kamu untuk mengontrol makanan kamu. Makanlah SOYJOY for eat without guilt! ;)

2 komentar:

didut mengatakan...

hmm .. udah jadi blogger yg rajin ya skrg =))

Mega Agnesty Anjasmoro mengatakan...

hihihi, tuntutan profesi mas..
mohon bantuannya ya suhu! :D