Jumat, 16 Maret 2012

Antara Artis, Selebritis dan Sosialita

akhir-akhir ini dunia pemberitaan di Indonesia sedang heboh dengan berita-berita tentang sosialita. sebenarnya siapa sih sosialita itu? lalu apakah mereka termasuk kalangan artis? dan apa bedanya mereka dengan selebritis?

jelas sekali bahwa 3 kata tersebut mempunyai arti yang berbeda. tidak semua artis adalah selebritis dan tidak semua artis bisa menjadi seorang sosialita. begitupun selebritis, tidak semua selebritis adalah artis dan tidak semua selebritis adalah sosialita. dan tentu saja, belum tentu seorang sosialita adalah artis dan belum tentu semua sosialita adalah selebritis.

menurut saya pribadi, artis itu adalah seseorang yang menghasilkan sebuah karya seni. seperti penyanyi, pencipta lagu, pelukis, pemain film, pematung, penyair, penulis, dan pemahat. sedangkan selebritis adalah seseorang yang terkenal atau mahsyur. dan yang terakhir adalah sosialita, menurut saya sosialita adalah orang-orang dengan kekayaan yang cukup besar dan gemar bersosial. bersosial disini bisa saja berarti berinteraksi dengan banyak orang, atau bisa saja berarti melakukan kegiatan sosial, yah kalau kata NEO, orang-orang seperti ini disebut kaum borjuis. walaupun kata 'borjouis' itu sendiri sudah bergeser maknanya.

nah, seorang artis itu bisa saja menjadi selebritis kalau dia terkenal. sebut saya Vina Panduwinata, Afgan, dan Sherina Munaf. mereka adalah artis sekaligus selebritis di negri ini. seorang artis juga bisa menjadi sosialita apabila mereka mempunyai kekayaan yang tiada habisnya, seperti Wulan Guritno dan Paundra, yang masih berdarah bangsawan kraton. namun banyak juga artis yang bukan selebritis, misalnya pematung atau pelukis yang tidak dikenal khalayak. namun mereka tetap berprofesi sebagai artis, karena membuahkan karya seni. dan tanpa kekayaan yang melimpah, seorang artis tidak bisa disebut sosialita.

selebritis bukan cuma berasal dari kalangan artis. berdasarkan artinya, seseorang hanya perlu ketenaran untuk disebut sebagai selebritis. bisa saja seorang atlit disebut selebritis jika dia sangat terkenal, seperti Bambang Pamungkas dan Taufik Hidayat. selebritis juga bisa berasal dari kalangan sosialita seperti Reni Sutiyoso, yang terkenal karena keaktifannya bergaul dengan kalangan atas negri ini. atau Dian Muljadi seorang sosialita yang terkenal karena bisnis medianya.

sosialita adalah kaum jet set yang mempunyai harta melimpah dan cukup bertahan lama, jadi OKB atau orang kaya baru yang biasanya cuma sesaat, belom bisa dianggap sosialita. sosialita itu biasanya adalah orang-orang dari kalangan pejabat, pengusaha, maupun artis papan atas. sosialita yang cukup familiar di Indonesia adalah keluarga Cendana, sedangkan sosialita yang mendunia adalah keluarga kerajaan Inggris. kalau sosialita yang menjadi artis sekaligus selebritis adalah Victoria Beckham atau Paris Hilton. Vic yang mantan anggota Spice Girl ini adalah seorang penyanyi yang cukup terkenal, penghasilannya yang cukup tinggi akhirnya membawanya ke pergaulan kalangan atas, sehingga jadilah Vic seorang sosialita yang sangat mendunia. berbeda dengan Paris, dia adalah salah satu penerus keluarga Hilton yang sangat kaya. sebagai sosialita yang sangat tenar, jadilah Paris sebagai seorang selebritis. dan karena kekayaannya, Paris memiliki banyak akses yang mampu menjadikannya sebagai seorang artis yang menghasilkan album dan beberapa film. ada juga seorang artis-selebritis yang akhirnya menjadi sosialita karena menikahi seseorang dari keluarga kaya seperti Nia Ramadhani yang sekarang menjadi bagian dari keluarga Bakrie karena menikah dengan Ardi Bakrie.

di sisi lain, ada sosialita yang tidak terlalu tenar, biasanya karena mereka tidak terlalu disorot media seperti anak-anak mentri maupun anak pengusaha kelas atas atau sosialita yang berprofesi sebagai dokter. mereka biasanya cukup populer, namun di kalangan tertentu, seperti Aga Bakrie atau Cecilia Jessica Sadikin. sedangakan sosialita yang berasal dari kalangan artis namun bukan selebritis adalah mereka yang terlahir dari keluarga kaya dan menghasilkan karya seni namun tidak terkenal di khalayak umum seperti Nunung Bahtiar seorang sosialita yang berprofesi sebagai pelukis dari surabaya.

begitulah perbedaan antara Artis, Selebritis dan Sosialita yang merupakan pendapat saya pribadi. kalau Anda mempunyai opini sendiri, boleh-boleh saja. kalau anda merasa bosan dengan berita-berita tentang artis maupun selebritis yang makin hari makin kedengaran basi, coba deh buka blog JakartaSocial, blog yang sangat menarik dan memberikan pengetahuan yang cukup banyak tentang sosialita-sosialita Jakarta ;)

Tidak ada komentar: