Minggu, 01 Juli 2012

Jakarta Transportation Guidelines

 source: AntaraFoto

Gak terasa, September besok tepat 2 tahun saya tinggal di Jakarta. kalau orang pada bilang tinggal di Jakarta itu keras, they're totally right! walaupun saya pernah kejambret sekali disini, tapi bukan itu yang mau saya bahas. saya nulis ini sekaligus dalam rangka memperingati HUT Jakarta yang ke 485, makin jaya ye cyin!

Awal hidup di Jakarta, saya tinggal di setiabudi. kenapa saya pilih setiabudi? karena kawasan ini berada di tengah-tengah jakarta, diapit Sudirman dan Kuningan membuat kawasan ini sangat happening di Jakarta. selanjutnya saya pindah keee Pondok Indahhhhh sanaan dikit, alias Pondok Pinang. saya pindah kesini karena kerjaan. berbeda dengan Setiabudi, Pondok Pinang adalah kampung betawi, yang sangat padat oleh Soto Betawi, Nasi Uduk, base camp FBR, dan baru-baru ini mulai dipadati oleh Indomart, Alfamart dan Sevel.

Ngomongin transportasi di Jakarta, saya cukup kenal dengan daerah selatan. biasalah anak gahul, maennya di Kemang, Senayan sm Bintaro. hehehe, becanda. Karena sudah 2 taun, saya cukup apal sama transportasi yang sering mengantarkan saya berkeliling Jakarta. dulu pengen banget nyetir sendiri kemana-mana, ehhh begitu beneran dikasih mobil ama kantor dan kerjaannya nyetir sendiri kemana-mana jadi pengen punya mobil plus sopir. haha, maruk.

Transportasi favorit saya adalah Kopaja! karena saat kita naek kopaja, gak kenal tuh sama macet. terjang sana terjang sini, laen kalo kita yang ada di mobil sebelah, hawanya pengen ngebacok tuh sopir kopaja. nah, biar gak bingung pas mau naek transportasi umum, berikut saya kasih panduannya, yang pernah saya naiki dan tentu saja seingetnya. selamat menikmati!

Trans Jakarta

1. Blok M-Kota: ini adalah busway paling terkenal dan paling sibuk selama hari kantor, melewati gedung-gedung pencakar langit sepanjang Sudirman-Tamrin, sampai stasiun kota. kamu bisa turun di Halte Bendungan Hilir kalo mau transit ke Pinang Ranti-Pluit. bisa turun di Dukuh Atas kalo mau transit ke Pulo Gadung maupun Ragunan. turun di Harmoni untuk transit ke segala arah (karena saya lupa jurusan apa saja yang ada disitu saking banyaknya, hehe) dan turun di Kota kalo mau naek kereta apai dari stasiun Kota maupun kalo mau jalan-jalan di Kota Tua.

2. Dukuh Atas Ragunan: ini adalah busway yang melewati jalur Rasuna Said-Warung Buncit-Mampang-Ragunan. Nah kalo di daerah ini jarang yang transit, karena tempat transitnya cuma 1: Kuningan Timur kalo kamu mau naek Pinang Ranti Pluit. Kalo mau naek Pulo Gadung, kamu bisa nyetop di halte Halimun. seperti namanya, busway ini berakhir di Kebun Binatang Ragunan.

3. Dukuh Atas-Pulo Gadung | Harmoni-Pulo Gadung: nah, busway yang mengarah ke Pulo Gadung ada 2. Kalo yang dari Dukuh Atas, lewatnya Salemba. kalo yang dari Harmoni lewatnya Gambir terus Senen. ini sih seinget saya yah, untuk keterangan lebih lanjut bisa menanyakan kepada petugasnya :D

4. Lebak Bulus-Harmoni: ini bis yang sering saya tumpangi, mengingat haltenya persis di depan kos saya. rutenya lebak bulus-PIM-Gandaria City-Pasar Kebayoran Lama-Permata Hijau-Kebon Jeruk-Kedoya-Indosiar-Roxy dan terakhir Harmoni. halte transitnya ada di Grogol, buat yang mau pindah jurusan ke Tomang/Pasar Baru, Pinang Ranti-Pluit, ato Kalideres.

5. Pasar Baru: untuk busway yang ini saya gak tau asal muasalnya, tapi yang jelas tujuan akhirnya adalah Pasar Baru. Lewat mall TA-CP terus lewat harmoni juga.

6. Harmoni-Kalideres: Saya cuma pernah naek ini beberapa kali. trayeknya harmoni-roxy-daan mogot-cengkareng-dan berakhir di Kalideres.

7. Pinang Ranti-Pluit: busnya ada yang panjang ada yang pendek. menurut saya rute bus ini cukup panjang. Jaktim-Jakbar. kurang tau rute jelasnya, yang pasti kalo dari Pluit ato Pinang Ranti terus kalian mau ke Slipi, Semanggi, atau MT haryono, naek aja bis ini yahhh.

Masih ada beberapa jalur busway yang belum saya sebutkan karena memang belum saya tumpangi. yang jelas ada yang ke Ancol, Tj Priok, Cililitan, bahkan Bekasi. well, kalo untuk info busway buka aja webnya disini.

KOPAJA

Saya kurang tau bedanya Kopaja, Metro Mini sama Koantas Bima. pokoknya kalo bus kecil saya sebut Kopaja. Hehehe. Ini yang pernah saya tumpangi, semoga membantu!

70: Blok M-Joglo via Arteri Pondok Indah. Bisnya agak jarang sih.
71: Blok M-Bintaro via Taman Puring, Gandaria, Arteri Pondok Indah, Tanah Kusir terus sampe Pertukangan deh.
72: Blok M-Lebak Bulus via Radio Dalam terus Pondok Indah, baru deh nembus kemacetan ampe Lebak Bulus. kalo jam pulang kerja sih agak gak direkomendasikan, selain macet 72 ini banyak pengamennya.
74: Blok M-Rempoa, rutenya hampir sama kayak 71, bedanya 71 ke pertukangan (bintaro yg kampung) kalo 74 melewati RS Veteran dulu terus lurusss mentok ampe Rempoa.
75: Blok M-Pasar Minggu, via Senopati, Piere Tendean, Warung Buncit, Mampang, Pejaten terus ke Pasar Minggu.
79: Blok M-Lebak Bulus via Fatmawati, Jl. Terogong (depan JIS) terus bunderan Pondok Indah, baru deh ke Lebak Bulus.
19: Ragunan-Tanah Abang, via Blok M-Sudirman-HI nah kalo ke Ragunannya kadang diskip loh kalo pas jam2 prime time karena si abangnya ngejar obyekan.
20: Lebak Bulus-Senen, via Toll Jorr, terus keluar Mampang, lurus ke arah Kuningan, terus ke Senen. mungkin doi lewat Menteng kali yah. soalnya perhentian paling akhir saya cuma sampai Setiabudi. hehehe.
85: Lebak Bulus-Kalideres, via Pondok Indah-Permata Hijau-Meruya-Puri-Cengkareng terus ampe Kalideres. Saya pake ini pas mau tes di Duri Kosambi. lumayan yah, jaraknya muter2 gitu tapi cuma bayar 2000 :D
86: Lebak Bulus-Kota, via Pondok Indah terus ke Patal Senayan, nembus ke Slipi, TA, dan selebihnya saya kurang tau karena saya cuma berakhir di TA. yang jelas dia sampai stasiun Kota. lumayan panjang trayeknya.
102: Lebak Bulus-Tanah Abang, via Pondok Indah-Radio Dalam-Taman Puring-Pakubuwono-Senayan terus lurusss ampe Tanah Abang. mall yang dilewati PIM, Sency sama PS.
509/510: Lebak Bulus-Kampung Rambutan, saya sih kurang tau bedanya, yang pasti dua2nya sampai Kampung Rambutan dan lewat Jorr.
605A: Blok M-Ragunan via Kemang. awal-awal tinggal di Jakarta saya sering banget pake kopaja ini kalo mau begahul di Kemang, tapi armadanya dikit banget, jadi nunggunya agak lama.
Debora: Semua orang tau ini adalah bis ke UI, trayeknya dari Lebak Bulus ke Depok via Jorr-LA-Margonda.
Parung Indah: bisnya kecil berAC. tujuan akhir Parung, Bogor via toll tapi saya belum pernah naek sih, tapi doi lewat terus di depan saya kalo pagi, jadi inget terus deh. hehehe.
Kopaja AC: baru ada 1 trayek, bayarnya 5000, rutenya Ragunan Belakang-TB Simatupang-Pondok Indah-Slipi-Senayan. pokoknya muter2 deh, panjang. nah beda dari kopaja biasa, kopaja AC ini kalo gak salah milik pemerintah, sopirnya kalo bawa mobil gak ugal-ugalan jadi agak kurang cepet sih kalo dibanding kopaja-kopaja laen.

butuh info lain tentang kopaja? klik aja disini.

BIS GEDE dan beberapa ANGKOT

1. Ciputat-Senen via Jorr-Fatmawati-Sudirman-Tamrin-Menteng.
2. Ciputat-St. Gajah Mada via Pondok Indah-Radio Dalam-Melawai-Sudirman-Tamrin-Hayam Wuruk.
3. Lebak Bulus-Rawa Mangun via Pondok Indah-Pakubuwono-Senayan-Sudirman-Tamrin-Rawamangun.
4. Damri, dari beberapa terminal (Lebak Bulus, Blok M, Rawa Mangun, Kemayoran, dll) ke Bandara Soetta.
5. D.01: Kebayoran Lama-Ciputat via Lebak Bulus.
6. D.02: Lebak Bulus-Pondok Labu, saya sih naik ini kalo mau ke Citos aja, jadi gak tau lewat mana aja. hehehe.
7. D.03: Kebayoran Lama-Pondok Labu via Lebak Bulus.
8. S.08: Lebak Bulus-Bintaro via Jl. Ciputat Raya, belok Rempoa terus baru ke Bintaro.
9. S.11: Lebak Bulus-Pasar Minggu via Fatmawati-Cipete.

BIS LUAR KOTA

kalo dari Lebak Bulus, gampang banget mau kemana-mana.

1. Bogor: Naek aja Agramas, lewat Jorr-Jagorawi bayarnya 11ribu.
2. Tasik: Naek Primajasa, lewat Jorr-Cipularang, bisa turun di Padalarang untuk ke Padalarang, Kopo untuk transit ke Bandung, ato Cileunyi buat ke Sumedang. Kalo ke Tasik bayarnya 45rb.
3. Garut: Sama kayak ke Tasik, rutenya pun sama, bisa transit2 juga, nah abis Cileunyi baru deh mereka berpisah. kalo ke Garut bayarnya 35ribu.
4. Bandung: via Jorr-Cipularang-turun di terminal Leuwi Panjang. harganya 45-55ribu. kalo ogah bayar mahal, naek aja Primajasa yang ke Garut ato Tasik terus minta turun di Kopo. bayarnya cuma 26ribu.
5. Bekasi Timur, kalo mau kesitu bisa naik langsung dari Lebak Bulus. T132 apa yah, lupa deh. pokoknya nanti ada tulusannya gitu di depan. bayarnya 8500.
6. Bekasi Barat, ini musti dari Blok M. naik aja yang ke Bekasi Barat, lupa nomernya euy, bayarnya cuma 6ribu.
7. Segala macam bis ke Jawa, perlu beli tiket dulu. mau ke Jateng, Jogja, Jatim bisa berangkat dari Lebak Bulus dengan berbagai armada mulai dari jam 4, jam 5, sampai jam 6. jangan lewat dr jam 6 ya, bisnya udah pada bubaran.

Nah itu dia hasil ringkasan saya selama hampir 2 tahun di Jakarta. semoga layanan transportasi publik makin baik biar orang2 pada naek kendaraan umum dan Jakarta gak macet terus. semoga MRT juga cepet jadi, so dari Lebak Bulus ke HI hanya perlu 45 menit, jadi kalo kerja saya gak harus bertangkat jam 6.30. hehehe. Selamat Ulang Taun ya Jakarteee! xoxo.

Tidak ada komentar: